🏫 Rencana Pembelajaran Harian
Hari/Tanggal : Rabu, 8 Oktober 2025
Kelas : 2
Bidang Studi : Bahasa Inggris
Tema : There is and There are (Fokus pada penggunaan a dan an)
Pembelajaran ke- :
🎯 Capaian Pembelajaran
Menyimak – Berbicara
-
Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk mengidentifikasi dan menyebutkan benda-benda di sekitar mereka dengan ungkapan There is dan There are.
-
Peserta didik mampu membedakan penggunaan a dan an di depan kata benda tunggal.
-
Peserta didik merespon instruksi sederhana menggunakan kata, frasa, atau kalimat sederhana dengan bantuan visual.
-
Peserta didik menggunakan alat bantu visual (gambar, benda nyata) untuk membantu memahami dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.
🎯 Tujuan Pembelajaran
Pada pembelajaran ini peserta didik mampu:
-
Menyebutkan benda-benda di sekitar kelas menggunakan There is dan There are dengan benar.
-
Menggunakan artikel a dan an secara tepat berdasarkan bunyi awal kata benda (vokal atau konsonan).
👩🏫 Kegiatan Pembelajaran
Assalamu’alaikum shalih dan shalihah students and parents.
How are you today? Apa kabarnya hari ini?
I hope you are always fine, healthy, and happy.
Alhamdulillah, all praises belong to Allah SWT and our Prophet Muhammad SAW.
Sebelum kita mulai pelajaran, jangan lupa:
-
Say Bismillah
-
Perform Dhuha prayer
-
Read the Holy Qur’an
My beloved students,
Hari ini kita akan belajar Bahasa Inggris bersama Ms. Dian.
Our topic today is:
👉 “There is” and “There are” (Fokus pada a dan an)
🧩 Kegiatan Inti
1. Apersepsi – Stimulation
Guru menunjukkan beberapa gambar benda di kelas (seperti apel, buku, payung, pensil, telur, dan tas).
Guru berkata:
-
“Look! There is a cat.”
-
“Look! There is an egg.”
-
“Look! There is a bag.”
Guru bertanya:
“Students, what can you see?”
Siswa menjawab: “A cat!” / “An egg!” / “A bag!”
Guru menjelaskan secara perlahan:
“We use a before words that start with a consonant sound.”
“We use an before words that start with a vowel sound (a, e, i, o, u).”
2. Pembentukan Konsep – Discovery Learning
Guru menuliskan contoh di papan tulis:
-
There is a cat. 🐱
-
There is an egg. 🥚
-
There is a car. 🚗
-
There is an owl. 🦉
Guru meminta siswa membaca bersama-sama:
“Repeat after me!”
-
There is a cat.
-
There is an egg.
-
There is a car.
-
There is an owl.
3. Praktik – Cooperative Learning (Think Pair Share)
Guru menginstruksikan:
“Look around your class! What can you see?”
Siswa menjawab dalam pasangan:
-
“There is a bag.”
-
“There is an eraser.”
-
“There is an apple.” (jika guru membawa peraga apel plastik)
Guru membantu memperbaiki jika ada kesalahan.
4. Aktivitas Joyful Learning
Guru membagikan kartu gambar berisi benda-benda (ant, egg, cat, dog, orange, bag).
Siswa secara bergantian mengangkat kartu dan mengatakan kalimat dengan benar, misalnya:
-
“There is an orange.”
-
“There is a dog.”
Guru memberi pujian:
“Good job! Excellent! Very good!”
🏁 Penutup
Guru meninjau kembali pelajaran hari ini:
“So, when do we use a?”
Siswa: “Before consonant sounds!”
“And when do we use an?”
Siswa: “Before vowel sounds!”
Guru berkata:
“My shalih and shalihah students, that’s all for today. I hope you learn something new!”
Don’t forget to:
-
Pray
-
Read Qur’an
-
Help your parents
-
And keep practicing English every day!
The last, I say:
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
No comments:
Post a Comment