Tuesday, October 7, 2025

Engliah Class 2

🏫 Rencana Pembelajaran Harian

Hari/Tanggal : Rabu, 8 Oktober 2025
Kelas : 2
Bidang Studi : Bahasa Inggris
Tema : There is and There are (Fokus pada penggunaan a dan an)
Pembelajaran ke-


🎯 Capaian Pembelajaran

Menyimak – Berbicara

  • Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk mengidentifikasi dan menyebutkan benda-benda di sekitar mereka dengan ungkapan There is dan There are.

  • Peserta didik mampu membedakan penggunaan a dan an di depan kata benda tunggal.

  • Peserta didik merespon instruksi sederhana menggunakan kata, frasa, atau kalimat sederhana dengan bantuan visual.

  • Peserta didik menggunakan alat bantu visual (gambar, benda nyata) untuk membantu memahami dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.


🎯 Tujuan Pembelajaran

Pada pembelajaran ini peserta didik mampu:

  • Menyebutkan benda-benda di sekitar kelas menggunakan There is dan There are dengan benar.

  • Menggunakan artikel a dan an secara tepat berdasarkan bunyi awal kata benda (vokal atau konsonan).


👩‍🏫 Kegiatan Pembelajaran

Assalamu’alaikum shalih dan shalihah students and parents.

How are you today? Apa kabarnya hari ini?
I hope you are always fine, healthy, and happy.
Alhamdulillah, all praises belong to Allah SWT and our Prophet Muhammad SAW.

Sebelum kita mulai pelajaran, jangan lupa:

  1. Say Bismillah

  2. Perform Dhuha prayer

  3. Read the Holy Qur’an


My beloved students,
Hari ini kita akan belajar Bahasa Inggris bersama Ms. Dian.
Our topic today is:
👉 “There is” and “There are” (Fokus pada a dan an)



🧩 Kegiatan Inti

1. Apersepsi – Stimulation
Guru menunjukkan beberapa gambar benda di kelas (seperti apel, buku, payung, pensil, telur, dan tas).
Guru berkata:

  • “Look! There is a cat.”

  • “Look! There is an egg.”

  • “Look! There is a bag.”

Guru bertanya:
“Students, what can you see?”
Siswa menjawab: “A cat!” / “An egg!” / “A bag!”

Guru menjelaskan secara perlahan:

“We use a before words that start with a consonant sound.”
“We use an before words that start with a vowel sound (a, e, i, o, u).”


2. Pembentukan Konsep – Discovery Learning
Guru menuliskan contoh di papan tulis:

  • There is a cat. 🐱

  • There is an egg. 🥚

  • There is a car. 🚗

  • There is an owl. 🦉

Guru meminta siswa membaca bersama-sama:
“Repeat after me!”

  • There is a cat.

  • There is an egg.

  • There is a car.

  • There is an owl.


3. Praktik – Cooperative Learning (Think Pair Share)
Guru menginstruksikan:
“Look around your class! What can you see?”
Siswa menjawab dalam pasangan:

  • “There is a bag.”

  • “There is an eraser.”

  • “There is an apple.” (jika guru membawa peraga apel plastik)

Guru membantu memperbaiki jika ada kesalahan.


4. Aktivitas Joyful Learning
Guru membagikan kartu gambar berisi benda-benda (ant, egg, cat, dog, orange, bag).
Siswa secara bergantian mengangkat kartu dan mengatakan kalimat dengan benar, misalnya:

  • “There is an orange.”

  • “There is a dog.”

Guru memberi pujian:
“Good job! Excellent! Very good!”


🏁 Penutup

Guru meninjau kembali pelajaran hari ini:
“So, when do we use a?”
Siswa: “Before consonant sounds!”
“And when do we use an?”
Siswa: “Before vowel sounds!”

Guru berkata:
“My shalih and shalihah students, that’s all for today. I hope you learn something new!”

Don’t forget to:

  • Pray

  • Read Qur’an

  • Help your parents

  • And keep practicing English every day!

The last, I say:
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Engliah Class 2

🏫 Rencana Pembelajaran Harian Hari/Tanggal : Rabu, 8 Oktober 2025 Kelas : 2 Bidang Studi : Bahasa Inggris Tema : There is and There...